amazon shopping great sale

Rabu, 26 Maret 2008

menggigit kuku merusak iq

kebiasaan menggigit kuku jari, bisa merusak itelejensi anak-anak ini berdasrkan penelitian para ahli.
para peneliti rusia menyatakan anak-anak yang rajin menggigit kuku tangannya beresiko besar mengalami keracunan timah.
timah akan dengan mudah menumpuk dibawah kuku, ketika anak bermain ditempat berdebu.
telah lama diketahui, paparan timah pada tubuh manusia punya kontribusi besar terhadap problem perkembangan anak. penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa timah bisa menyebabkan kerusakan sistem syaraf.
timah mudah dijumpai dalam tanah dan debu. kadang-kadang bisa dijumpai pada buah dan sayuran yang tidak dicuci dengan baik.
selain anak yg suka menggigit kuku, kaum lelaki yg bekerja sebagai tukang patri, cat, dilingkungan percetakan beresiko terpapar timah dilingkungan kerja.
para peneliti dari ural regional center for environmental epidemiology, ekaterinburg melakukan penelitian terhadap anak-anak yang tinggal dibeberapa wilayah ural. mereka menemukan dua dari tiga anak ditempat itu memiliki kadar timah cukup tinggi dalam tubuhnya
tinggi rendahnya kadar timah bervariasi, tergantung apakah anak2 itu tinggal dirumah yg letaknya pinggir jalan besar dan berdebu atukah mereka punya kebiasaan bermain dengan tanah, salju atau cat.
namun satu hal yang pasti, terdapat kaitan erat antara tingginya kadar timah dalam tubuh anak-anak itu dengan kebiasaan mereka menggigit kuku. sebanyak 69 % anak perempuan, dan 62 % anak laki-laki yng dilibatkan dalam penelitian ini memiliki kebiasaan menggigit kuku, atau benda lain seperti pensil.

tribun kaltim

Tidak ada komentar: